Monday, May 21, 2012

PENGGUNAAN/PENERAPAN KOMPUTASI

Pada pembahasan yang lalu, penulis telah membahas mengenai Model Komputasi. Di kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang contoh penggunaan/penerapan komputasi. Adapun contoh penggunaan/penerapan komputasi, yaitu :

Petri Net

Petri net merupakan salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdistribusidiskret. Sebagai sebuah model, Petri net merupakan grafik 2 arah yang terdiri dari placetransition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Di samping itu, untuk merepresentasikan keadaan sistem, token diletakkan pada tempat tertentu. Ketika sebuah transition terpantik, token akan bertransisi sesuai tanda panah.Petri net ini pertama kali diajukkan oleh Carl Adam Petri pada tahun 1962.

Gambar 1. Petri Net

Mesin Moore 
Dalam teori komputasi sebagai prinsip dasar komputer, mesin Moore adalah otomasi fase berhingga (finite state automaton) di mana keluarannya ditentukan hanya oleh fase saat itu (dan tidak terpengaruh oleh bagian masukan/input). Diagram fase (state diagram) dari mesin Moore memiliki sinyal keluaran untuk masing-masing fase. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy yang mempunyai keluaran untuk tiap transisi.
Mesin Mealy
Dalam teori komputasi sebagai konsep dasar sebuah komputer, mesin Mealy adalah otomasi fase berhingga (finite state automaton atau finite state tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fase saat itu dan bagian masukan/input. Dalam hal ini, diagram fase (state diagram) dari mesin Mealy memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi. Prinsip ini berbeda dengan Mesin Moore yang hanya menghasilkan keluaran/output pada tiap fase.
 
Gambar 2. Mesin Mealy
 
Sumber :

No comments:

Post a Comment