Friday, April 16, 2010

Kopi




Kata kopi diambil dari kata Coffee (ingris), Caffe (italia) Kahve ( turki) yang berarti minuman yang dibuat dari biji coffee. Kopi berasal dari daerah Ethiopia, Africa. Yang konon pertama ditemukan oleh seorang penggembala kambing bernama Kaldi. Kemudian dibawa kekawasan Arab sebagai alternative dari wine yang mengandung alcohol. untuk kemudian menyebar ke eropa. Kopi diperkenalkan kewilayah asia tenggara dan india barat pada abad 17 & 18.

Kopi tumbuh dan menyebar di lebih dari 50 negara di kawasan Tropis & sub tropis diseluruh dunia. Produsen kopi terbesar didunia masih dipegang Brazil dengan rekor setiap tahunnya mereka bisa melepas kepasaran kopinya mencapai 1350 juta kg diikuti oleh Colombia, Indonesia, Mexico, dan Vietnam,Bahkan Vietnam tiap tahunnya bisa memproduksi kopi jenis robusta dengan kualitas yang pas-pasan mencapai 800 Juta kg!.


Kalau kita jalan ke mall-mall, dengan gampangnya kita bisa temukan Coffee house seperti:Waroeng kopi, Barista, Starbuck, kafe Luwak,Java café dll yang menyajikan banyak pilihan kopi siap saji bersama nyamikan yang cocok seperti croissant, donuts, Cookies ataupun gorengan! Sembari membuka-buka laptop kita.Ini menunjukkan bahwa kopi sudah menjadi bagian atau bahkan gaya hidup masa kini.

Ada banyak jenis kopi, namun ada 2 jenis kopi yang saat ini popular dan dikembangkan diseluruh dunia, yaitu:

1. Arabica – jenis kopi yang dikembangkan dihampir 70% produsen kopi dunia, di ketinggian lebih dari 2000 kaki ! Banyak digemari karena kualitasnya yang lebih bagus, lebih harum dan aromatic.

2. Robusta – Kopi jenis ini mempunyai aroma dan rasa yang khas yaitu kasar dan tajam.


Meski dua jenis kopi yang tersebut diatas mempunyai kualitas dan karakter yang berbeda, tapi bila di campur dengan komposisi tepat akan menghasilkan kopi dengan perpaduan karakter dan aroma yang wah!.

Ada satu Kopi yaitu “Kopi Luwak” asal Indonesia yang berjenis robusta ini mempunyai kualitas yang diatas rata-rata alias Superior dan dipasarkan dengan harga yang sangat mahal, bahkan termahal didunia untuk ukuran secangkir kopi. Bayangin aja untuk ½ kg kopi luwak dihargai 120-600 dollars Amerika! Terima kasih buat luwak ( Palm Civet ), sejenis binatang yang hidup dari pohon ke pohon ,bji kopi terbaik adalah makanan favoritnya . Luwak sangat membantu petani kopi dari memilih dan mencerna biji kopi robusta hingga menghasilkan kopi dengan kualitas yang khas.


Sejarah dan masa lalu kopi

1475 – Coffeeshop pertama didunia dibuka dengan nama Kiva Han, di Constantinople,Turkey.

1668 – Coffee menggantikan posisi beer sebagai pendamping Breakfast alias sarapan pagi di New York!

1900 – Afternoon coffee mennjadi standard baru di setiap kesempatan party di Jerman.

1901 – Instant kopi pertama ditemukan oleh seorang ahli kimia blasteran Jepang –Amerika bernama Satori kato yang tinggal di Chicago.

1903 – Espresso ditemukan oleh Luigi Bezzera, seorang Bisnisman yang capek memikirkan karyawannya yang suka molor kalo dikasih coffee break.maka ditemukanlah Espresso ! cara singkat menikmati coffee.

1905 – Desidero Pavoni mempatentkan coffee mesin versi nya.. Dia sukses dengan kiosk coffeenya

1938 – Diminta oleh Brazil untuk mencari solusi buat kelebihan hasil panen kopi, Nestle, mengembangkan Freezing Dried Kopi.

1940 – Amerika membeli lebih dari 70% kopi dunia.

1946 – Archilles gaggia, seorang Italian menyempurnakan mesin Espressonya.

1971 – Starbucks membuka gerai pertamanya di Seattle.


Untuk Dimengerti

Blending – Harmonisasi atau perpaduan dua jenis kopi yang berbeda untuk mendapatkan aroma, rasa dan flavor yang lebih bagus.

Roasting – proses pengolahan biji kopi mentah untuk memaksa keluar aroma yang terkandung didalam biji kopi.

Grinding – Untuk bisa diseduh, biji kopi perlu di haluskan dulu melalui proses Grinding. Perlu diingat kalo kopi harus segera diseduh setelah dihaluskan agar tidak kehilangan aroma & tastenya.

Brewing – Merupakan proses akhir sebelum kopi dinikmati dimeja kita. Proses ini bisa kita sebut sebagai proses penyeduhan.


Untuk Dinikmati

Espresso – single shot kopi espresso bisa juga disebut Small Black.
Dopio – Double shot espresso.
Ristretto – Espresso yang strong dengan kadar air setengah dari biasanya.
Espresso Con Panna – espresso yang di taruh whip cream sebagai top upnya.
Espresso Breve – espresso yang dicampur dengan half and half.
Espresso Romano- espresso yang di taruh lemon peel.
Cappuccino – 1\3 espresso, 1\3 steam milk dan 1\3 foam.
Americano – espresso plus air panas.ditemukan pada saat Perang dunia II atau juga dikenal long Black.
Corretto – Espresso yang di sajikan bersamaan dengan Grappa, Brandy atau Sambuca.
Cortado – espresso ama sedikit milk hangat.
Macchiato – Espresso top up dengan foam .
Mocha – Paduan antara espresso ama Chocolate.
Latte – Espresso yang disajikan dengan extra foam.

No comments:

Post a Comment