Monday, November 15, 2010

Tugas Yudi Hartanto, kelas 3 IA 12, NPM 50408888

Desain Grafis sebagai sebuah disiplin ilmu
Desain grafis adalah suatu disiplin yang luas yang mencakup berbagai aspek dan elemen. Disini dibutuhkan ide-ide, konsep, teks dan gambar dan menyajikan mereka dalam visual menarik terbentuk melalui media cetak, elektronik atau lainnya.Yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah proses komunikasi, dan dapat mengoptimalkan kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dipahami oleh target penonton.

Selain itu, desain grafis juga merupakan seni visual kreatif seperti arah seni, tipografi, tata letak halaman, teknologi informasi, dan aspek kreatif lainnya. Seorang desainer haruslah dapat memenuhi
desain singkat dan melaksanakan pekerjaannya sebagai suatu perdagangan yang anakronistis dan terbatas untuk memahami perannya dalam proses produksi cetak dan digital.

Desain grafis adalah satu seni visual yang kreatif
Desain grafis meliputi banyak area yaitu meliputi, arah seni, tipografi, reka letak halaman, teknologi keterangan dan aspek kreatif yang lain. keanekaragaman ini terbagi-bagi menjadi beberapa pemandangan untuk praktek desain, diantaranya adalah perancang spesialis dan fokus.

Evolusi desain grafis
Desain grafis mengembangkan dari industri cetak dan penerbitan, dengan masa sendiri pertama terpakai pada tahun 1950-an. Pada waktu itu di situ adalah satu demarkasi bersih pada langkah berbeda dari proses produksi cetak, dengan profesional spesialis atau berdagang melaksanakan masing-masing. Terbelit langkah ini pencetak, scanner, barang tiruan fotografis, desain grafis, tukang set, cetak pembeli, film, manajer korektor dan penghasilan.
Ekonomi konsumen yang muncul pada dunia bagian barat mengikuti Perang Dunia Kedua Yang membawakan dengan kemunculan dari terang dan kemasan tarik seperti kompetisi di antara produk diperhebat. Angka dari majalah juga berawal untuk tingkat, menghasilkan pada permintaan lebih besar untuk terlihat naik banding desain. Ini berbarengan dengan pembangunan di teknologi cetak dan dibuka kemungkinan penghasilan lagi bahwa perancang berkedudukan baik untuk mengambil keuntungan dari. Sukses dengan desain grafis menolong membuatnya lebih lagi sangat dibutuhkan.
Sebagai kekuatan dengan komunikasi visuil warna-warni jadi secara luas dihargai, desain grafis tumbuh dari kebutuhan untuk menyediakan komunikasi visuil ke dunia konsumen dan awur sepanjang sektor berbeda dari ekonomi, sementara berlanjut mengendalikan pembangunan teknologi kemajuan itu ciptakan.
Pembangunan teknologi, terutama pada umur digital, punyakah revolutionised dan rationalised proses dari penghasilan cetak. Perdagangan seperti typesetting dan artwork persiapan telah menjadi usang, seperti mereka sekarang dapat dilaksanakan oleh satu perancang. Sebagai satu konsekwensi, desain grafis mempunyai mengembangkan ke dalam satu peran multifunctional lihat itu perancang memainkan satu peran sangat penting pada proses produksi. Hebat permintaan ini kepandaian macam-macam dan kebutuhan untuk mengomunikasikan secara efektif dengan banyak profesional berbeda. Di masa lalu, perancang akan telah lakukan semua aspek dari satu pekerjaan dari generasi dari ide untuk menangani jenis gambar untuk pemimpin dan rekaletak.
Pembangunan teknologi mempunyai perancang ditempatkan berada di pusat proses kreatif. Sering, satu perancang grafis mengatur proses desain dan mengkoordinir pekerjaan yang dilakukan oleh disiplin kreatif yang lain seperti bagian dari satu pekerjaan. Seperti halnya, bidang lapangan dari satu tanggungjawabnya perancang sekarang liputi pembelian cetak, program situs web, fotografi, rekaletak halaman, pemilihan bahan, arah seni, ilustrasi buatan tangan, ilustrasi computergenerated (CGI), proyeksikan manajemen, klien menghitung manajemen, storyboarding, pemeriksaan naskah dan pra tekan penghasilan.

Perlindungan konsumen
Permintaan untuk satu jangkauan lebih luas dari hasil barang pada kompetisi sengit di antara pabrikan dan produk seperti. Dampak perlindungan konsumen pada desain grafis karena produk kemasan dan adpertensi yang punya satu terus meningkat persempit dan membatasi jendela dari kesempatan untuk dihubungkan dengan konsumen.

Tanggungjawab sosial
Pada industri desain terdapat sebuah cendrungi ke persoalkan sudut pandang etis dalam hubungan dengan emisi di seluruh dunia seperti genus, kemiskinan dan hangat global. Organisasi terus meningkat membantu perkembangan dan meningkatkan posisi etis mereka sendiri untuk memandu aktivitas mereka, yang yang dapat menghasilkan tidak sesuai dengan pribadi etika.

Pandangan moderen dan postmodernism
Pandangan moderen dan postmodernism menunjuk ke dua pandangan yang berbeda dari dunia yang aktivitas kreatif dikembangkan dan dimandu pada titik berbeda pada abad ke duapuluh. Pembaharu dan postmodernist memikirkan masih punyai keterkaitan hari ini dan pengaruh mereka dapat dilihat di desain jaman ini saat orang-orang mencari untuk jadi masuk akal dari dunia di sekitar mereka.

Nostalgia dan retorik
Perancang mempergunakan berbagai cara untuk sampaikan arti, sering sadap ke dalam norma budaya yang berbagi, nilai, riwayat dan bahasa. Penggunaan dari figur lambang atau gagah berani dari masa lalu untuk mendukung atau mewakili satu sudut pandang atau mutu tertentu adalah satu contoh dari penggunaan dari nostalgia dan retorik.

Semiotics
Semiotics adalah pembahasan dari tanda penawaran itu satu keterangan dari bagaimana orang-orang mengekstrak arti dari jelaskan, bunyi dan gambar. Satu pemahaman dari semiotics menolong satu perancang untuk menanamkan pekerjaan dengan referensi yang memperbolehkan mereka untuk mengomunikasikan beberapa lapisan keterangan ke satu pembaca.

Mengartikulasikan desain
Satu hubungan desain melalui banyak cara dan mengerjakan banyak taraf berbeda karena ini dapat termasuk satu jangkauan konsep dan referensi. Masing-masing desain unsur dapat komunikasikan ke satu pendengar, tapi pesan tidak boleh siap diidentifikasi, diakui adanya atau pahami oleh semua penonton sehubungan dengan perbedaan di bagaimana orang-orang dapat atau interpretasikan keterangan.

Mendisain seperti pemecahan masalah
Satu penting bagian dari proses desain kesepakatan dengan mengatasi kreatif, rintangan praktis atau ekonomi. Ini mungkin berbunyi secara langsung, tapi sering, masalah adalah berlangsung sebentar – satu perasaan bahwa sesuatu tidak kanan dengan satu desain. Pemecahan masalah memerlukan membahas unsur berbagai dari satu desain dan tidak hanya membuat dugaan seperti ke apa permasalahannya.

Kreatif pemikiran
Desain grafis adalah satu proses kreatif itu lakukan lebih dari sekedar jawab ke satu ringkasnya klien. Ada banyak jalan untuk menjawab ke satu ringkas dan permintaan ini berisi, dan masing-masing akan menyediakan solusi yang menghasilkan taraf berbeda dari sukses. Desain kreatif mengeksplorasi tema lebih luas agar menemukan solusi optimum ke satu ringkas.

Pengaruh & Elemen Kreatif
Desain grafis merupakan sebuah proses multidisiplin yang mengacu pada sumber - sumber kreatif. Sebagian melihatnya sebagai sebuah kerajinan yang merupakan perdagangan dari pencetakan tradisional & penerbitan. Aspek - aspek yang perlu diperhatikan dalam pengaruhnya disini antara lain : industri, teknologi, konsumerisme, indentitas & branding, tanggung jawab sosial, modernisme & postmodernisme, nostalgia & retorika, semiotika, dan bahasa daerah.

Proses desain grafis
Dalam proses desain grafis melibatkan semua langkah yang diperlukan untuk menghasilkan hasil yang optimal dan sesuai dengan keinginan, yang perlu diperhatikan dalam proses ini antara lain : singkat, artikulasi desain, sumber inspirasi, desain sebagai pemecahan masalah, ide kreatif, humor, lapisan makna, pembangunan & eksperimentasi, arah seni, prototype, komisioning seni.

Pengiriman pesan
Desain grafis disajikan untuk target penonton melalui berbagai media dari cetak selebaran untuk poster dan website. untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan disini antara lain : pencetakan, informasi desain, pengemasan, desain layar, serta lingkungan desain.

Pengadaan Pekerjaan
Dalam bidang desain grafis, seorang desainer mendapatkan komisi melalui promosi dari desain mereka itu sendiri. Dimulai dengan melakukan penelitian yang memadai. Seorang desainer harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang sifat kliennya.

Proses produksi
Desain grafis digunakan untuk membuat & menghasilkan desain yang efektif, selain itu dapat juga dijadikan sebagai ekspresi dan saluran dari ide - ide kreatif melalui proses pencetakan atau untuk elektronik aplikasi, seperti halaman web. untuk itu hal yang diperlukan untuk memproduksi suatu desain antar lain : peralatan dasar, spesialist warna, format berkas, dan tahap akhir pencetakan.

No comments:

Post a Comment