Saturday, March 27, 2010

10 Penjelasan ilmiah tentang cara laki-laki berpikir

1. Laki-laki tidak bisa mengingat baju yang dipakai pasangannya saat kencan pertama.

Kalo masalah ini wanita adalah jagonya. jangankan mengingat tanggal pernikahannya, wanita bahkan mampu mengingat hari pertama kencan, baju yang dipakai dan lain sebagainya. Kalau laki2, saya yakin, pasti sedikit agan2 yang mampu mengingat sedetail itu.
Penelitian menemukan bahwa laki2 dan wanita menggunakan bagian otak yang berbeda dalam memproses kegiatan "mengingat". Ketika mengingat, wanita menggunakan pusat emosi yang lebih banyak. Sedang laki2, lebih banyak menggunakan ingatan visual dan "taktikal" (sumber: gray).


2. Laki-laki bukan pendengar yang baik

Ketika laki2 mendengarkan seseorang berbicara, maka laki2 hanya menggunakan 1 bagian otaknya saja, sedangkan wanita menggunakan keduanya (sumber BBC) hal ini menyebabkan, rata2 wanita saat bercakap2 mampu mengerjakan beberapa pekerjaan lain. contoh: memasak sambil mengobrol,secara bersamaan. Sedangkan laki2 untuk mendengarkan apa yang dibicarakan, harus fokus dalam percakapan itu saja.



3.Empati laki-laki tidak sedalam wanita

Umumnya laki2 lebih jarang membaca novel atau menonton sinetron. hal ini mungkin saja disebabkan karena rasa empati laki2 yang lebih rendah dibanding wanita (Sumber Eliot). Bisa dikatakan otak laki2 itu lebih sistematis, sedang otak wanita lebih penuh "empati". Jadi daripada sibuk memikirkan apa perasaan orang lain,laki2 lebih cenderung memandang orang lain sebagai "objek". Hal ini pula yang menyebabkan wanita cenderung lebih tanggap dengan perubahan emosi orang lain. Jadi apabila aganwati ingin menunjukkan sesuatu kepada laki2, pastikan simbol yang anda berikan CUKUP JELAS, karena sudah kodratnya, laki2 tidak mudah membaca perubahan emosi.


4. Laki-laki suka memandang tubuh wanita

Sudah bukan rahasia, apabila laki2 suka wanita seksi. Dan apabila ada wanita seksi lewat di depan mereka, otomatis mereka akan memperhatikan wanita tersebut. Intinya laki2 lebih mudah terpengaruh dengan hal yang berbau sexual. Jadi apabila laki2 anda suka melirik wanita lain, ya memang begitulah laki2, tapi perlu aganwati ketahui, meskipun mereka suka melirik, bukan berarti mereka suka selingkuh.


5. Laki-laki tidak memikirkan seks setiap detik

Ada yang beranggapan bahwa laki2, setiap detik selalu memikirkan seks. Sebuah studi di Kisney institut, mendapatkan hasil, 54% laki2 memikirkan sex setiap harinya, 43% memikirkan seks beberapa kali dalam sebulan / seminggu. dan sisanya dalam sebulan sangat jarang sekali memikirkan seks. Karena laki2 lebih sering memikirkan seks, maka wanita akan merasa sangat kecewa apabila pasangannya menolak untuk diajak berhubungan seks.


6. Laki-laki suka olahraga

Kalo yang satu ini juga sudah banyak yang tahu, laki2 dan olahraga adalah 1 dunia. Tapi apakah yang mempengaruhi itu? dalam hal ini testeron cukup berpengaruh.
Dalam sehari laki2 memproduksi testeron 20 kali lebih banyak dibanding wanita. Testeron adalah horman yang berhubungan dengan maskulinitas. Dalam otak kita terdapat bagian yang berhubungan dengan testeron. Jadi karena testeron laki2 lebih banyak, maka tak heran bila laki2 lebih suka olahraga dibanding wanita.


7. Laki-laki lebih tahan sakit

kegiatan yang berkaitan dengan sakit, pasti didominasi oleh laki2. hal ini karena laki2 lebih tahan sakit dari wanita. Saat laki2 merasakan sakit, pusat kesadaran dan analisanya bereaksi, sedang bila wanita merasa sakit, bagian otak yang bereaksi adalah limbic, yang merupakan pusat dari emosi (sumber UCLA). Karena itu bisa dimengerti kenapa laki2 lebih tahan sakit dibanding wanita.


8. Boys don't cry

Sebagai manusia, sudah pasti laki2 memiliki perasaan. tapi seperti yang sudah disebutkan, wanita memiliki lebih banyak empati dibanding laki2, artinya wanita lebih emosional dibanding laki2, sehingga wanita 4 kali lebih sering menangis dibanding laki2.
Ada bagian dalam otak yang disebut amygdala, bagian inilah yang bertugas mengontrol emosi. Pada laki2, amygdala hanya berkomunikasi dengan beberapa bagian otak, sedang pada wanita, lebih banyak bagian otak yang dilibatkan (sumber: Lloyd).
Ketika wanita bercerita tentang perasaannya, bagian tubuh lain ikut bekerja, seperti tekanan darah, detak jantung, pencernaan dsb. seringkali wanita juga menangis, hal ini tak lepas karena wanita memiliki hormon prolactin, 60% lebih banyak dibanding laki2. Prolactin adalah hormon yang menstimulasi tangisan.
Tentu saja laki2 juga bisa menangis, hanya saja reaksi dan kadarnya tidak sebesar wanita.


9. Seperti halnya wanita, laki-laki juga suka berbicara.

Pada tahun 2006. Dr. Louanne Brizendine mempublikasikan "The Female Brain", disana disebutkan: wanita berbicara sebanyak 20.000 kata setiap harinya, sedang laki2 7.000 kata sehari. Jadi apakah benar hanya wanita yang cerewet dan suka menggosip?
Berdasarkan "The Female Brain", Profesor Mark Liberman kemudian mendapatkan, statistik Dr. Louanne Brizendine memiliki bukti ilmiah yang kurang. Ketika kemudian peneliti berusaha menghitung banyaknya kata yang diucapkan baik wanita atau laki2, ternyata perbedaanya sangat tipis (sumber Liberman).


10. Laki-laki suka berbelanja

Jangan salah bukan hanya wanita yang suka shooping, laki2 juga suka. Hanya saja bila wanita suka berbelanja di mall untuk baju, topi dll, sedang laki2 suka berbelanja untuk hal2 seperti alat elektronik, mobil dll.
Selain itu cara berbelanja laki2, tidak sama dengan wanita. Saat berbelanja, wanita senang sekali berputar-putar mall sebelum kemudian memutuskan barang yang dibeli. Wanita sangat teliti dalam memilih barang yang akan dibeli, sehingga tak segan menghabiskan waktu berjam2 di mall. Laki2 berbeda, mereka lebih suka memikirkan apa yang akan dibeli, kemudian berangkat membelinya dan kemudian cepat2 pulang.
Jadi apabila bagi wanita, proses mencari barang adalah menyenangkan, maka bagi laki2, proses mencari barang haruslah sesingkat mungkin.

No comments:

Post a Comment